-->

Iklan

7 Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru Pada Smartphone

, December 15, 2019 WIB
7 Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru Pada Smartphone
radiasi sinar biru pada smartphone

Maks Pedia - Radiasi Sinar Biru dari smartphone sangat berbahaya, karena perangkat tersebut dapat memancarkan sinar biru yang membahayakan bagi mata kamu. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya kita harus mencegah radiasi dari sinar biru yang di pancarkan smartphone kamu karena dapat menyebabkan gangguan pada mata.

Bukan hanya radiasi sinar biru saja, jika kamu hanya mengucek mata dengan tangan saja sudah bisa membahayakan mata itu sendiri, namun sinar radiasi yang di hasilkan oleh smartphone dapat lebih berbahaya lagi. Nah biar makin paham, Simak fakta tentang radiasi sinar biru bagi kamu pengguna aktif smartphone biar makin pinter dalam mencegah gangguan pada mata kamu.

1. Asal Sinar Biru


sumber: google

Sinar biru berasal dari penyusutan sinar matahari yang kemudian membentuk sinar biru. Nah makanya banyak orang yang menggunakan kaca mata hitam. Karena katas mat hitam bisa di gunakan untuk menghindari radiasi dari sinar UV matahari.

Sinar biru memiliki gelombang yang lebih dekat dengan sinar matahari namun energi yang di hasilkan tidak cukup besar. Namun sinar biru tidak hanya disebabkan oleh matahari saja, bisa juga dari smartphone, monior, televisi dan lainnya.

2. Mata Manusia Tidak Bisa Menghalau Sinar Biru


sumber: idntimes
Radiasi Sinar Biru tidak bisa dihalau oleh mata manusia, walaupun mata orang dewasa sudah cukup sempurna untuk menghalau sinar UV yang masuk agar tidak langsung mencapai retina. Namun mata orang dewasa tidak mampu menghalau sinar biru yang di hasilkan dari Smartphone atau pun layar monitor.

Hal tersebut dapat membahayakan retina yang berada pada bagian belakang bola mata kiri kita. Oleh kerena itu, kita harus segera melindungi mata kita jika berkontak langsung dengan layar baik itu smartphone atau monitor agar sinar biru tidak langsung mengenai mata.

3. Sinar Biru Dapat Menyebabkan Ketegangan Pada Mata


sumber: journal.sociolla.com

Sinar biru bisa menyebabkan ketegangan pada mata, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalau salah satu hal sepele yang bisa merusak mata kita salah satunya membiarkan mata terus menerus ditegangkan.

Ketegangan pada mata ini bisa disebabkan oleh sinar biru yang masuk secara langsung ke dalam mata dan menyebar sampai ke retina, sehingga mata kamu akan cepat tegang. Jika sudah sampai seperti itu, cobalah sesekali untuk mengkompres mata dengan air dingin atau hangat.

4. Sinar Biru Bisa Menyebabkan Sulit Tidur


sumber: halodoc.com

Sulit tidur? Sinar biru yang dihasilkan dari smartphone bisa menyebabkan kamu susah tidur karena sinar biru dapat mengurangi produksi hormon melatonin. Nah hormon ini berfungsi sebagai rasa kantu pada manusia.

Jika hormon melatonin ini berkuarang atau otak kita sudah tidak lagi memproduksi hormon tersebut yang cukup pada tubuh kamu, maka kamu akan kesulitan untuk tidur, lebih parahnya bisa sampai insomnia. Sulit tidur menjadi salah satu dampak negatif bagi manusia.

5. Faktor Utama Penyebab Penyakit Penyakit Mata


sumber: alodoc.com
Jika kamu keseringan mendapatkan radiasi sinar biru, hal ini bisa membahayakan sel sensitid pada mata, sehingga kemampuan penglihatan mata kamu akan berkurang. Dengan begitu kamu tidak akan cepat merasa pusing, sulit fokus atau terjadinya pembengkakan atau bahkan bisa menyebabkan buta. Nah karena itu, kamu harus membatasi pemakaian wajar saat menggunakan smartphone ya.

6. Pakai Kaca Mata Radiasi


sumber: google

Dengan menggunakan kaca mata anti radiasi blue ray bisa mengurangi masuknya sinar cahaya biru berlebih pada retina. Nah hal ini menjadi fakta penting bagi kamu pengguna kaca mata, terutama yang minus dan plus.

Tidak hanya penderita rabun jauh atau dekat saja yang harus menggunakan kaca mata anti radiasi, untuk kamu yang mempunyai mata normal juga jika terlalu lama didepan komputer atau laptop harus menggunakannya.

7. Sinar Biru Juga Tidak Selalu Merugikan


sumber: doktersehat.com
Jika kamu berpikir bahwa sinar biru selalu merugikan, perlu kamu ketahui jika sinar biru juga bisa digunakan untuk terapi SAD atau Seasonal Affective Disorder.

Tidak hanya kedua itu saja, bisa juga digunakan untuk menjaga ritme sirkadia, atau jam biologis pada manusia yang tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Jadi walaupun hal ini adalah kelaian, kamu juga akan tetap bisa merasakan sinar biru agar bisa mengurangi  paparan sinar matahari.

Akhir Kata


Demikian adalah fakta tentang sinar radiasi sinar biru yang harus kamu ketahui, Nah jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat bagi kamu atau orang sekitar, agar semua orang tahu akan dampak negatif atau kelebihan dari sinar biru.

Nah selain itu, jika kamu mempunyai kritik dan saran tentang fakta radiasi sinar biru ini, silahkan langsung ketik di kolom komentar ya.
Komentar

Tampilkan

Terkini